Saturday, May 12, 2012

Tugas UTS HBS

Download Soal  klik disini

TUGAS UTS
MATKUL TARIKH TASYRI
SMSTR IV TAHUN 2012

1.  Secara sejarah, perkembangan hukum islam dimulai dari masa konsepsi sampai pada tingkat sistematika sebuah ilmu fiqh. Tugas anda, uraikan definisi fiqh dari masa konsepsinya hingga perkembangannya secara spesifik sebagai ilmu ?

2.  Hampir semua sejarawan membuat periodesasi hukum islam dimulai dari masa Nabi saw dst., berbedadengan sejarawan di atas, Joseph Schacht membuat periodesasi hukum islam sejak Hukum Islam di Akhir Masa Ummayah (661-750 M) dst., jelaskan perbedaan keduanya disertai periodesasi hukum islamnya?


3.      Proses pembentukan hukum islam dari berbagai dunia islam berbeda-beda tergantung sistem hukum yang dianutnya, jelaskan sistem tersebut disertai negara dan contoh kasusnya?

4.      Apa yang menjadi perbedaan dalam memahami hukum islam tidak terlepas dari madzhab mana yang dianut dalam hukum islam. Tugas saudara, jelaskan keberadaan madzhab dalam hukum islam dan madzhab yang masih dianut di dunia islam sampai saat ini disertai contohnya?


5.      Keberadaan hukum islam dapat dilihat dari berbagai fakta dan bukti yang telah dihimpun baik dalam bentuk tertulis maupun konsepsinya saja, tugas saudara, jelaskan proses pembentukan hukum islam dari konsep sampai pada tingkat kodifikasi/legislasi disertasi contoh kasusnya?



KET.

·         Tugas dikumpulkan tanggal 20 Mei 2012 di Pusat Kerjasama UIN
·         Tugas setiap mahasiswa disatukan dan dijilid satu kelas disertai nama dan nim setiap mhs.
·         Bagi mahasiswa yang telat mengumpulkan sesuai waktunya, dianggap tidak mengikuti uts.
·         sumber rujukan buku berbahasa arab dan inggris minimal 5.
·         Minimal 10 halaman setiap mahasiswa/i.
·         Semakian banyak jawaban, sumber dan halamannya semakin bagus.


Selamat  Mengerjakan

Dosen 

Dedi Supriyadi, M.Ag
 
 


1 comment: